SIG dengan Aplikas Mapnik


Makalah SIG Dengan Aplikasi Mapnik



Di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Dosen pengampu: Moh. Ali Murtadho,S.Kom

Disusun oleh :
Dyah Alifia Rahayu(4117080)

PEMROGRAMAN STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS PESENTREN TINGGI DARUL ULUM

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan rahmat-Nya kami akhirnya bisa menyelesaikan tugas makalah SIG deng lancer.
Tidak lupa kami ucapkan rasa terimasasih kepada dosen pembimbing yang telah memberi banyak bimbinganserta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan ini. Rasa terimakasihjuga say aucapkan kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah memberi konstribusi baik secara langsung maupun secara tidak langsung hingga laporan inibisa selesai pada tepat waktu yang telah ditentukan.
Mengkipun saya sudah mengumpulkan banyak refisi untuk manujang penyusunan makalah ini,namun kami menyadari bahwa didalam laporan ini masih jauh dari kata sempurna . sehinhgga saya mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca demi tersusunnya laporan ini yang lebih baik lagi. Akhir kata, saya berharap agar laporan  ini bisa memberi banyak manfaat untuk kedepannya.




Penilis





BAB I

PENDAHULUAN


A.                Latar Belakang

 

Memasuki era globalisasi mendatang, pemakaian teknologi komputer dalam segala bidang kehidupan sehari-hari tidak akan dapatdihindari. Bahkan, penggunaan teknologi komputer tersebut akan menjadi syarat utama untuk menunjukkan kualitas sesuatu bidang dan menjadi modal terpenting dalam memenangkan persaingan.
Kemampuan komunikasi antara satu bidang dengan bidang lainnya tempat yang berbeda (terpisah pada jarak yang jauh) merupakan salah satu ciri era globalisasi mendatang. Sedang tiang utama teknologi komunikasi yang dimaksud adalah teknologi komputer, yaitu berupa peralatan-peralatan komputer dan aksesorinya, teknologi ‘networking’ antara peratalan-peralatan tersebut, dan akhirnya adalah perangkat lunak serta operator (tenaga manusia) yang menggunakan peralatan-peralatan tersebut. Pada saat itu, kualitas sebuah sistem kehidupan tertentu, akan ditentukan oleh kemampuannya mengolah komunikasi tersebut, yang secara khusus pula berarti kemampuannya dalam memiliki teknologi komputer yang terbaik. Sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, maka pengembangan sistem informasi akademik telah mengarah kepada penggunaan teknologi informasi berbasis web, dimana semua informasi yang ada dalam sistem dapat ditampilkan dengan menggunakan media Internet.

B.                 TUJUAN

Tujuan dari disusunnya laporan ini supaya pembaca mengerti apa itu SistemInformasi Geografi dan digitasi pemetaan dengan menggunakan Mapnik

 

BAB II

 

PEMBAHASAN

 


A.                Sistem informasi Geografis


Pada hakekatnya Sistem Informasi Geografis adalah suatu rangkaiankegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran situasi ruang muka bumiatau informasi tentang ruang muka bumi yang diperlukan untuk dapat menjawabatau menyelesaikan suatu masalah yang terdapat dalam ruang muka bumi yang bersangkutan. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi pengumpulan pemetaan, pengolahann penganalisisan dan penyajian data-data/fakta-fakta yang ada atauterdapat dalam ruang muka bumi tertentu.
 Data-fakta yang ada atau terdapatdalam ruang muka bumi tersebut, sering juga disebut sebagai data/fakta geografis atau data /fakta spasial. Hasil analisisnya disebut informasi geografis atau informasi spasial. Jadi SIG adalah rangkaian kegiatan pengumpulan penataan, pengolahan dan penganalisisan data/fakta spasial sehingga diperoleh informasispasial untuk dapat menjawab atau menyelesaikan suatau masalah dalam ruangmuka bumi tertentu.

 

B.                 Mapnik


Mapnik adalah toolkit pemetaan sumber terbuka untuk rendering peta berbasis desktop dan server, ditulis dalam C ++ . Artem Pavlenko, pengembang asli Mapnik, berangkat dengan tujuan eksplisit untuk membuat peta yang indah dengan menggunakan sub-pixel anti-aliasing dari perpustakaan Anti-Grain Geometry (AGG). Mapnik sekarang juga memiliki backend rendering Kairo . Untuk menangani tugas perangkat lunak umum seperti manajemen memori, akses sistem file , ekspresi reguler, dan penguraian XML, Mapnik menggunakan pustaka Boost C ++ . File XML dapat digunakan untuk mendefinisikan kumpulan objek pemetaan yang menentukan tampilan peta, atau objek dapat dibangun secara terprogram dalam C ++, Python, dan Node.js.

C.   Format Data

         Sejumlah format data didukung di Mapnik menggunakan kerangka kerja plugin. Plugin saat ini ada yang menggunakan OGR dan GDAL untuk membaca berbagai set data vektor dan raster. Mapnik juga memiliki pembaca Shapefile , PostGIS dan GeoTIFF khusus . Lebih banyak plug-in akses data akan tersedia di masa mendatang. Ada juga utilitas osm2pgsql, yang mengubah data OpenStreetMap menjadi format yang dapat dimuat ke PostgreSQL . Mapnik kemudian dapat digunakan untuk merender data OSM ke dalam peta dengan tampilan yang diinginkan pengguna.


D.   Platform

         Mapnik adalah toolkit lintas platform yang berjalan pada Windows, Mac, sistem mirip Unix seperti Linux dan Solaris (sejak rilis 0.4).

E.    Penggunaan

         Salah satu dari banyak penggunanya adalah proyek OpenStreetMap (OSM), yang menggunakannya dalam kombinasi dengan modul Server Web Apache (mod_tile) dan gaya openstreetmap-carto untuk membuat ubin yang membentuk lapisan default OSM. Mapnik juga digunakan oleh CloudMade, MapQuest , dan MapBox .

F.    Lisensi

         Mapnik adalah perangkat lunak gratis dan dirilis di bawah LGPL (Lisensi Publik Umum GNU)










  BAB III

                                                            PENUTUP
Kesimpulan
              Dari penjelasan di atas dapat disimpilkan bahwa Mapnik adalah toolkit pemetaan sumber terbuka untuk rendering peta berbasis desktop dan server, ditulis dalam C ++. Penciptanya bertujuan eksplisit untuk membuat peta yang indah dengan menggunakan sub-pixel anti-aliasing dari perpustakaan Anti-Grain Geometry (AGG). Sejumlah format data didukung di Mapnik menggunakan kerangka kerja plugin. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Jenis Motor Paling Laku di Indonesia Tahun 2015

DAFTAR HARGA MOTOR HONDA MATIC - NOVEMBER 2015

Ini Bro, "Tiga" Video Insiden Rossi-Marquez di Sepang MotoGP 2015